10 Penyebab Rambut Rontok yang Wajib Diketahui

Websosial.com – Rambut rontok memang sangat menyebalkan bukan, pasalnya dapat membuat gumpalan rambut di area sekitar kita, mulai dari kamar dan kamar mandi. Tapi mengalami kerontokan sangat wajar rasakan oleh semua orang, menurut American Academy of dermatology rambut rontok yang normal yaitu seseorang dapat kehilangan 50 – 100 helai rambut setiap harinya, dan hal tersebut terbilang wajar. Bahkan seseorang dapat kehilangan 250 helai pada saat ia mencuci rambutnya atau menyisir. Rambut yang rontok akan tergantikan oleh folikel rambut baru, yang mana akan tumbuh di kulit kepala kurang lebih 7 bulan lamanya.

Penyebab Rambut Rontok

Penyebab Rambut rontok dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari penyakit tertentu atau dari orang itu sendiri. Kerontokan pada rambut terdapat beberapa jenis yaitu menipisan atau rontok secara total (botak). Dan juga dapat sebabkan oleh penyakit autoimunitas, yaitu penyakit autoimun yang mana dapat menyerang bagian kulit kepala seseorang dan dapat menyebabkan kerontokan pada area rambut.

Nahh maka dari itu permasalahan ini tidak bisa di diamkan. Jika permasalahan ini terjadi secara terus menerus kalian patut mewaspadainya. Bisa jadi rambut rontok di sebabkan adanya kesehatan yang serius yang berada pada tubuh. Maka dari itu harus adanya penanganan, jika tidak bisa dapat menyebabkan rambut rontok secara total (botak). Tapi sebelum itu ada baiknya kita perlu mengatahui terlebih dahulu apa saja yang dapat menyebabkan rambut rontok. Dengan begitu kalian bisa menghindari dan mengatasi permasalahan tersebut.

Berikut penyebab rambut rontok :

1. Stress

Stress

Baca Juga : 20 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami (Ampuh)

Stress merupakan salah satu faktor yang dapat penyebab rambut rontok. Yang mana stess bentuk tegang dari fisik, psikis, emosi dan mental dengan begitu dapat mempengaruhi aktivitas seseorang. Adapun contohnya yaitu seperti di marahi oleh orang lain, menumpuknya tugas, baru melahirkan, trauma, tidak memilki uang dan lainnya. Stress akan terjadi jika seseorang merasa terancam, maka tubuh akan melepaskan hormon kortilos. Dengan begitu aliran darah dan detak jantung akan meningkat secara signifikan.

2. Keturunan (Riwayat Keluarga)

Keluarga

Faktor keturunan bisa jadi penyebab dari rambut rontok, dan faktor keturunan juga dapat mempengahuri usia yang mana akan mengalami kehilangan rambutnya. Dengan begitu kemungkinan kerontokan akan terjadi, bahkan bisa jadi dapat menyebabkan kebotakan. Nahh jika terjadi secara terus menerus kalian bisa berkonsultasi ke ahlinya untuk di tindak dengan sebagaimana mestinya.

3. Sering mengubah gaya rambut

Gaya Rambut

Nahh yang satu ini juga dapat menjadi penyebab rambut rontok, memang menata rambut merupakan suatu dari seni. Tapi jika mengubah gaya rambut terlalu sering dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Akibatnya adalah akan terjadi traksi alopecia, yang mana kesalahan pada saat menata rambut. Adapaun contohnya yaitu seperti pada saat sedang meluruskan rambut, mengepang, ekstensi, menyanggul dan lainnya. Selain itu traksi alopecia juga dapat berdampak gatal – gatal di kulit kepala dan membuat penipisan pada rambut.

4. Cat Rambut

Image Cat Rambut

Memilih cat rambut tidak boleh asal asalan, sebab dapat menjadi penyebab rambut rontok akibat dari bahan kimia yang terkandung di dalamnya. Selain itu menggunakan cat rambut dapat melemahkan akar rambut. Jadi perubahan warna yang drastis akan berakibat menimbulkan kerontokan yang berlebih. Dan salah satu penyebabnya kerontokan adalah bleacing, yaitu bagian dari proses mengecat rambut.

Yang mana rambut akan terasa rapuh, dikarenakan terjadinya oksidasi yang dapat mengurai warna pigmen di area akar. Dengan begitu rambut kalian akan menjadi rusak. Nah jika kalian terlalu sering melakukan bleacing, maka kelembapan di rambut kalian akan terus berkurang. Jika kalian ingin tetap ingin mewarnainya sebaiknya menggunakan produk yang tepat. Yang dapat menutup kutikula dan mampu menjaga kadar air yang berada di akar rambut.

5. Efek Samping Obat – obatan

Imgae Obat – obatan

Mengkonsumsi obat – obatan juga dapat membuat rambut rontok, dikarenakan efek samping dari obat tersebut. Adapun contoh nya yaitu seperti obat untuk masalah jantung, arhritis, kanker dan lainnya. Selain itu antidepresan dan statin juga dapat memberikan efek samping, yaitu kerontokan pada akar rambut. Dan yang perlu di ingat, terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C juga dapat menyebakan rontok pada rambut.

6. Kanker

Image Menderita Penyakit Kanker

Kanker biasanya selalu dikaitkan dengan kerontokan pada rambut, tapi faktnya memang seperti itu. Setiap orang yang menderita penyakit kanker pasti akan merasakannya rambut rontok, bahkan bisa sampai mengakibatkan kebotakan. Padahal yang menyebabkan rambut rontok bukanlah berasal dari penyakitnya, melainkan dari pengobatannya yang dapat membuat penipisan pada rambut.

Adapun yang bisa menyebakannya yaitu seperti pengobatan kemoterapi yang mana dapat menyerang sel kanker yang tumbuh secara cepat di dalam tubuh. Selain itu pengobatan kemoterapi juga dapat menyerang bagian tubuh lainnya, dan salah satunya yaitu akar rambut. Dan pengobatan tersebut bukan hanya menyerang bagian kulit kepala saja, tapi dapat menyerang seluruh rambut yang berada di tubuh kita.

7. Anemia

Anemia adalah kondisi dimana seseorang berkurangnya jumlah sel darah atau kandungan homoglobin yang terdapat di dalam tubuhnya. Di kutip dari America Academy of Dermatology, anemia merupakan salah satu penyebab rambut rontok, dikarenakan seseorang kekurangan zat besi di dalam tubuhnya. Nah jika seseorang kekurangan zat besi, bisa dengan mudahnya mengkonsumsi makan – makanan yang kaya akan zat besinya. Adapun contonya yaitu seperti sayur – sayuran, kacang kedelai, daging merah, hati, bayam dan lain sebagainya.

8. Jarang Keramasan

Image Membersihkan Rambut

Baca Juga : 18 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami (Ampuh)

Nahh jika kalian malas melakukan keramas sebaiknya mulai sekarang jauhi sifat malas tersebut. Di karenakan dengan jarangnya keramasan dapat menyebabkan terjadinya kerontokan pada rambut. Selain itu dengan kalian sering keramasan rambut kalian akan lebih bersih dan terawat. Tapi di sarankan untuk tidak terlalu sering juga melakukannya, takunya malah berdampak buruk bagi kesehatan rambut.

9. Menggunakan alat styling yang terlalu sering

Image Styling Rambut

Telalau sering dalam menggunakan hairdryer atau mencatok rambut dapat membuat rambut rontok yang berlebih. Di karenakan aktivitas styling yang dapat membuat akar rambut tertarik. Nah maka dari itu mulai sekarang batasi melakukan hal tersebut, yang mana berpontensi membuat 2X lipat terjadi kerontokan. Dan juga selain itu hindari untuk menyisi dan mengikat rambut terlalu sering.

10. Hormon Tidal Stabil

Rambut rontok bisa di sebabkan juga karena hormon yang tidak stabil, mulai dari mod yang naik turun , sering begadang atau kurang tidur,sedang mengalami haid dan lain sebagaiya. jadi hal tersebut terbilang wajah, setiap manusia pasti pernah mengalami hormon yang tidak stabil.

Nahh, itu dia 10 penyebab rambut rontok. Dan yang perlu di ingat rambut rontok dapat di sebabkan dari diri sendiri atau penyakit. Jika terjadi dari diri kalian sebaiknya mulai sekarang ubah pola hidup kalian menjadi lebih sehat. Sedang kan bila di sebabkan oleh penyakit kalian bisa mencoba berkonsultasi ke ahlinya untuk dapat informasi yang lebih tepat.

Web sosial: